Tuesday, July 21, 2015

Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 1 : Pendahuluan dan Penemuan Awal


https://nguentenpon.blogspot.co.id

Akhirnya bisa bertemu dengan teman-teman kembali setelah 2 hari ini saya mudik ke Mojokerto. Sebelumnya saya ingin mengucapkan Mina aidzin bal faidzin mohon maaf lahir dan batin ( Sepurane sing akeh rek ^_^ ). Sebelumnya juga saya memberikan sedikit informasi mengenai “Apa Itu Penyakit Impetigo?”, Nah pada artikel kali ini kita akan melanjutkan materi biologi mengenai biologi molekuler, apabila teman-teman lupa atau belum tau mengenai biologi molekular, silahkan simak “Dasar Biologi Molekular” insyallah bisa membantu teman-teman dalam mempelajari biologi molekuler. Artikel kali ini berjudul “ Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 1 : Pendahuluan dan Penemuan Awal”. silahkan simak dan semoga bermanfaat.


Pendahuluan 

 
     Pada awalnuya masih merupakan misteri bagi manusia, tentang bagaimana ciri fisik seseorang bisa berbeda dari orang yang lain. Mengapa orang yang satu mempunyai rambut lurus, dan mengapa orang lain mempunyai rambut keriting. Mengapa orang Eropa cenderung mempunyai hidung mancung, sementara orang Asia tidak, mengapa orang yang satu cenderung mudah sakit sementara yang lain tidak. Demikian juga petani dan peternak juga bertanya-tanya mengapa tanaman dari jenis yang sama mempunyai bentuk buah yang berbeda-beda,misalnya cabai rawit, ada yang berbentuk bulat,ada yang panjang kecil,ada yang panjang dan besar,dll. Sampai kemudian orang berpikir, pasti ada sesuatu yang mengatur hal tersebut. Materi apa di dalam tubuh suatu organisme yang bertanggung jawab mengatur ciri-ciri atau sifat-sifat tersebut? Kalau memang ada materi pengatur tersebut,selanjutnya bagaimana si “materi” melakukan pengaturan? Bagaimana mekanismenya? Bagaimana “materi” tersebut tahu kapan suatu ciri,sifat harus dimunculkan dan kapan tidak?.

Penemuan Awal

     
       Era penemuan materi genetis dibuka oleh F.Miescher dengan menggunakan mikroskop sederhana, ia menyatakan bahwa bahan aktif yang ada di dalam nukleus disebut dengan nuclein. Peneliti pada saat ini belum bisa menentukan apakah nuclein ini merupakan kromosom ataukah DNA. Kromosom merupakan struktur seperti benang pada nukleus sel eukariota yang nampak pada saat sel mulai membelah,ditemukan pada awal abad ke-19.Pada organisme diploid,kromosom berjumlah diploid ( 2 set ) pada setiap selnya. Kromosom dapat dibedakan menjadi kromosom autosomal dan kromosom seks. Kedua set kromosom tersebut membawa gen-gen yang berpasangan, kecuali pada kromosom-Y.
    Gen adalah unit hereditas suatu organisme hidup. Gen ini diode dalam materi genetis organisme yang kita kenal sebagai molekul DNA,atau RNA pada beberapa virus. Ekspresi gen dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan internal atau eksternal seperti perkembangan fisik atau perilaku dari organisme itu. Gen tersusun atas urutan basa nukleotida yang terdiri dari daerah yang mengkode suatu informasi genetis (ekson), daerah yang tidak mengkode gen ( Intron ),serta bagian yang mengatur ekspresi gen yaitu sekuens pengontrol ekspresi gen ( Regulatory Sequence ).

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Pada Kromosom Eukariota,Gen Tersusun Atas Ekson Dan Imron, Gen-Gen Ini Terdapat Pada Pita DNA Yang Diuntai Dan Dimampatkan Oleh Protein Histon Dalam Bentuk Kromosom

     Molekul DNA membawa informasi hereditas dari sel. Komponen protein ( molekul-molekul histon ) dari kromosom mempunyai fungsi penting dalam pengemasan dan pengontrolan molekul DNA yang sangat panjang sehingga dapat muat di dalam nukleus dan mudah diakses ketika dibutuhkan. Selama reproduksi, jumlah kromosom yang haploid dan materi genetis DNA hanya separuh dari masing-masing parental, dan ini disebut sebagai Genom.

    Nah seperti itulah Artikel “Kromosom,Sel,dan DNA Bagian 1 : Pendahuluan dan Penemuan Awal”. Dari penjelasan diatas mungkin teman-teman sudah sedikit mengerti tentang biologi molekuler. Apabila ada yang ingin ditanyakan, monggo tulis di kotak komentar. Untuk menambah referensi teman-teman dalam bidang biologi khususnya dalam biologi molekular, lihat juga Dasar Biologi Molekuler dan tunggu artikel lanjutannya "Kromosom,Sel,dan DNA Bagian 2 : Struktur DNA" serta simak artikel lainnya di NguentenPon™.


Penulis : Prof.Fatchiyah dan Prof.Estri Laras Arumingtyas


Sumber :
Biologi Molekular Prinsip Dasar Analisis


Admin :
Nama : Rizki Indra Prasetyawan
Fb : Rizky Indra Prasetyawan


Kata Kunci :
Pendahuluan Dan Penemuan Awal Kromosom,Gen,Dan DNA


Mau Copas?
    
Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/07/kromosomgendan-dna-bagian-1-pendahuluan-dan-penemuan-awal.html
Load disqus comments

0 komentar