Sunday, July 12, 2015

Pengertian,Gejala Penularan Dan Cara Mengatasi Penyakit Impetigo

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Seperti biasa di hari Minggu saya akan memberikan artikel-artikel mengenai biologi. Sebelumnya kita membahas mengenai dasar biologi molekuler, Nah sekarang saya akan memberikan artikel mengenai penyakit yang mungkin asing di telinga kita, penyakit ini bernama impetigo. Yang memotivasi saya membuat artikel ini karena kemarin kakak dari teman saya menderita impetigo,dari situ saya searching dibuku dan internet akhirnya saya bisa mengerti sedikit dan bisa membagikan ke teman-teman ,mungkin saja artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman , buat jaga2 aja hhe.


Apa itu Impetigo dan Penyebabnya?

 
    Impetigo, salah satu infeksi kulit yang paling umum di antara anak-anak, biasanya menghasilkan lecet atau luka pada wajah, leher, tangan, dan daerah popok. Infeksi kulit superfisial ini menular umumnya disebabkan oleh salah satu dari dua bakteri: Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes (juga disebut kelompok A streptokokus, yang juga menyebabkan radang tenggorokan). Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) juga menjadi penyebab penting dari impetigo. Dasar-dasar tubuh: Kulit dan Rambut.


    Impetigo biasanya mempengaruhi prasekolah dan usia sekolah anak-anak. Seorang anak mungkin lebih mungkin untuk terjangkit impetigo jika kulit sudah terkena oleh masalah lain, seperti eksim, poison ivy, gigitan serangga, dan luka atau goresan.


Bagaimana Cara Mengatasinya ?

 
   Rutin mencuci muka dan tangan dapat membantu mencegah impetigo, yang sering terjadi ketika ada luka atau ruam yang telah tergores berulang kali (misalnya, poison ivy dapat terinfeksi dan berubah menjadi impetigo).


   Dokter biasanya bisa mendiagnosa impetigo berdasarkan munculnya ruam. Kadang-kadang, mereka mungkin perlu untuk mengambil sampel cairan dari lepuhan. Impetigo biasanya diobati dengan baik oleh salep antibiotik atau minum obat.

Tanda dan Gejala Penularan?

 
    Impetigo adalah penyakit menular. Hal ini dapat menyebar ke siapa saja yang datang ke dalam kontak dengan kulit yang terinfeksi atau barang-barang lainnya (seperti pakaian, handuk, dan seprai) yang telah disentuh oleh kulit yang terinfeksi. Dan karena impetigo mungkin gatal, anak-anak dapat menyebarkan infeksi dengan menggaruk dan kemudian menyentuh bagian lain dari tubuh mereka. 

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Tanda dan Gejala Penularan


Pengobatan?

 
    Ketika itu hanya mempengaruhi area kecil dari kulit (dan terutama jika itu adalah bentuk non-bulosa), impetigo biasanya diobati dengan salep antibiotik. Tetapi jika infeksi telah menyebar ke area lain dari tubuh atau salep tidak bekerja, dokter mungkin meresepkan pil antibiotik atau cairan yang akan diambil selama 7-10 hari.


     Setelah pengobatan antibiotik dimulai, penyembuhan harus dimulai dalam beberapa hari. Sangat penting untuk memastikan bahwa anak Anda mengambil obat yang diresepkan. Jika tidak, infeksi kulit yang lebih dalam dan lebih serius bisa berkembang.


     Sementara infeksi penyembuhan, lembut mencuci daerah kulit yang terinfeksi dengan kain kasa bersih dan sabun antiseptik setiap hari. Rendam setiap daerah kulit berkulit dengan air sabun hangat untuk membantu menghilangkan lapisan kerak (tidak perlu untuk menghapus semua itu).

    Untuk menjaga anak Anda dari penyebaran impetigo ke bagian lain dari tubuh, dokter atau perawat mungkin akan merekomendasikan meliputi daerah yang terinfeksi dari kulit dengan kain kasa dan tape atau perban plastik longgar. Jaga kuku anak Anda pendek dan bersih untuk mencegah goresan yang dapat menyebabkan infeksi.



Pencegahan?

 
     Menjaga kulit yang bersih dapat membantu mencegah impetigo. Anak harus mencuci tangan mereka dengan baik dan sering dan mengambil mandi atau shower teratur. Perhatian khusus untuk luka kulit (luka, goresan, gigitan serangga, dll), daerah eksim, dan ruam seperti poison ivy. Menjaga daerah tersebut bersih dan tertutup.


     Siapapun dalam keluarga Anda dengan impetigo harus menjaga kuku dipotong pendek dan luka impetigo ditutup dengan kasa dan pita.


     Mencegah infeksi impetigo menyebar di antara anggota keluarga dengan memastikan semua orang menggunakan pakaian sendiri, lembar, pisau cukur, sabun, dan handuk. Jika perlu, handuk kertas pengganti yang kain sampai impetigo hilang. Pisahkan orang yang terinfeksi seprei, handuk, dan pakaian dari orang-orang dari anggota keluarga yang lain, dan mencuci barang-barang ini dalam air panas. Menjaga permukaan dapur dan bersih rumah tangga.


Kapan Harus Menghubungi Dokter?

 
      Hubungi dokter jika anak Anda memiliki tanda-tanda impetigo, terutama jika ia telah terkena anggota keluarga atau teman sekelas dengan infeksi. Jika anak Anda sudah dirawat karena impetigo, mengawasi luka dan hubungi dokter jika kulit tidak sembuh setelah 3 hari.


      pengobatan atau jika demam berkembang. Jika daerah sekitar ruam menjadi merah, hangat, atau tender untuk disentuh, memberitahu dokter sesegera mungkin.


“Diulas oleh: Rupal Christine Gupta, MD Tanggal Ulasan: Juni 2014”


     Nah seperti itulah penjelasan mengenai penyakit impetigo, semoga saja kita tidak mengalaminya, Jika mungkin keluarga atau teman kalian yang memiliki tanda-tanda impetigo segera bawa ke rumah sakit. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kotak komentar. Untuk menambah referensi teman-teman dalam bidang biologi, lihat juga Dasar Biologi Molekuler dan simak artikel lainnya di NguentenPon™.


Admin :
Nama : Rizki Indra Prasetyawan
Fb : Rizki Indra Prasetyawan


Sumber :
http://kidshealth.org/parent/infections/skin/impetigo.html



Kata Kunci : Pengertian Dan Gejala Penularan Serta Cara Mengatasi Penyakit Impetigo


Mau Copas?
     Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/07/apa-itu-penyakit-impetigo.html
Load disqus comments

0 komentar