Sunday, November 01, 2015

Inovasi Teknologi Windows Terbaru dan Tercanggih 2016 : Microsoft HoloLens ( Kacamata Multiguna ) Dan Penjelasan Singkat Windows 10 ( Bonus! )

https://nguentenpon.blogspot.co.id Yosh rilis artikel baru tentang windows di NguentenPon™. Artikel ini merupakan request dari teman saya Viol Dhea Kharisma ( Partner NguentenPon™ ). Sebelum saya panjang lebar menjelaskan beberapa subtopik mengenai Microsoft HoloLens , alangkah baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu sistem operasi terbaru windows yakni windows 10. Berikut ini penjelasan singkat windows 10 (Bonus).

Apa itu Windows 10 ?
https://nguentenpon.blogspot.co.id
Windows 10

     Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015.

    Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop), termasuk kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.

Apa fitur baru Windows 10 ?
https://nguetenpon.blogspot.co.id
Task View Windows 10

1. Sebuah sistem virtual desktop baru yang dikenal sebagai "Task View" juga ditambahkan; mirip dengan fungsi Exposé OS X, klik tombol Task View pada bilah tugas atau menyapukan dari kiri layar menampilkan semua jendela yang sedang terbuka pada desktop, yang memungkinkan pengguna untuk beralih di antara mereka, snap mereka ke sisi layar, atau beralih di antara beberapa ruang kerja.

2. Bursa Windows, yang sebelumnya hanya dapat digunakan dalam lingkungan layar penuh, sekarang dapat digunakan dalam jendela pada desktop.

3. Layar Mulai masih digunakan dalam lingkungan sentuh, tapi sekarang berisi kolom di sisi kiri layar untuk menampilkan cara pintas dan tombol "Semua aplikasi", mirip dengan menu Mulai

4. Fitur lain Windows 10 adalah Kontinum, yang menangani transisi antara berbasis-sentuhan dan non-sentuh antarmuka pada perangkat seperti konversi laptop dan tablet dengan keyboard Dock: bila keyboard terhubung, pengguna diminta jika mereka ingin beralih antara antarmuka pengguna sentuhan-dioptimalkan dan dioptimalkan untuk mouse dan keyboard.

5. Windows 10 akan memakai versi terbaru dari DirectX, yaitu DirectX 12.Bertujuan untuk menyediakan "konsol-tingkat efisiensi" dengan "mendekati logam" akses ke sumber daya perangkat keras, dan mengurangi CPU dan pemacu grafis overhead.

6. Rilis Browser baru pengganti internet explorer yaitu Microsoft Edge.

7. Rilis Microsoft Hololens (Topic Now!)

8. Dan Masih banyak lainnya.

Lihat selengkapnya penjelasan windows secara lengkap di situs resmi windows berikut ini
https://www.microsoft.com/en-us/windows/features

Atau di situs tepercaya mengenai info windows di Indonesia berikut ini
winpoin.com

      Setelah membaca penjelasan singkat mengenai windows 10 diatas, pasti teman2 sudah paham apa itu windows 10 dan fitur-fiturnya. Nah ada salah satu fitur yang akan saya bahas kali ini, apa itu? Yap sesuai judul diatas, fitur ini adalah Microsoft Hololens. Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai Microsoft HoloLens, silakan baca sampai tuntas penjelasannya dibawah ini : 


https://nguentenpon.blogspot.co.id


https://nguentenpon.blogspot.co.id
Penjelasan Singkat Microsoft HoloLens

Interface Micorosft HoloLens
 

--


Penjelasan Singkat Microsoft HoloLens

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Project Baraboo
    Microsoft HoloLens adalah kacamata pintar bawaan sistem operasi windows 10. Menggunakan sensor canggih, stereoscopic display kepala-mount optik 3D definisi tinggi, dan suara spasial untuk memungkinkan aplikasi augmented reality, dengan user interface alami yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui gerakan tatapan, suara, dan tangan. Nama kode "Project Baraboo," HoloLens sudah dalam pembangunan selama lima tahun sebelum pengumuman pada tahun 2015. Microsoft menargetkan HoloLens untuk rilis "di Windows 10 dalam beberapa waktu kedepan," dengan Pembangunan Edition Microsoft HoloLens akan mulai dibuat secara komersial pada kuartal pertama 2016, tersedia hanya di Amerika Serikat dan Kanada untuk daftar harga US $ 3.000.

Desain Microsoft HoloLens

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Desain Microsoft HoloLens
     Microsoft HoloLens didesain dari unit kacamata pelindung yang terhubung ke ikat kepala dan nyaman untuk dipakai. Kacamata ini dapat miring atas dan ke bawah, dan disesuaikan maju dan mundur dalam kaitannya dengan ikat kepala. Dengan Memakai HoloLens, pengguna dapat menggunakan roda menyesuaikan di bagian belakang ikat kepala untuk mengamankan bagian kepala , serta mendukung berat pengguna kacamata HoloLens. HoloLens diproyeksikan memiliki berat sekitar 0,4 kg.

    Kacamata HoloLens ini memiliki sensor dan perangkat keras yang berhubungan, termasuk sensor kedalaman, foto / kamera video, dan unit pengolahan hologram. Visor depan berwarna, bagian tertutup adalah sepasang lensa combiner transparan, di mana gambar diproyeksikan akan ditampilkan di HoloLens dan harus dikalibrasi dengan jarak interpupillary (IPD) dari pengguna individu.
    
     Sepanjang tepi bawah lengan sisi dengan telinga pemakainya adalah sepasang speaker stereo kecil merah. Sebagai lawan headphone, speaker tidak menghalangi suara eksternal, yang memungkinkan pengguna untuk mendengar suara virtual yang bersama-sama dengan lingkungan dunia nyata. Menggunakan model ilmiah dari lokalisasi suara manusia, HoloLens dapat menghasilkan audio yang binaural yang dapat mensimulasikan efek spasial, sehingga pengguna dapat merasakan suara sebagai berasal dari lokasi tertentu.
  
    Di tepi atas dua pasang tombol: tombol kecerahan layar di atas telinga kiri, dan tombol volume di atas tombol ear. Adjacent kanan berbentuk berbeda-satu cekung, cembung satu-sehingga pengguna dapat membedakan mereka dengan sentuhan.

    Pada sebelah kiri adalah tombol power dan deretan lima LED kecil, yang bersama-sama digunakan untuk menunjukkan status sistem, serta untuk manajemen daya, menunjukkan tingkat baterai dan pengaturan daya / standby mode.A micro USB wadah untuk pengisian dan konektivitas terletak di sepanjang tepi bawah.

Aplikasi Microsoft HoloLens

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Digital Anatomi Manusia Kurikulum Interaktif Oleh Case Western Reserve University Dan Cleveland Clinic
     Pada tahun 2015, sejumlah aplikasi Windows Holographic telah dipamerkan atau diumumkan, berpusat di sekitar Microsoft HoloLens. Ini termasuk:

•  HoloStudio, aplikasi pemodelan 3D yang dapat menghasilkan output untuk printer 3D;

•  Sebuah Implementasi Dari Aplikasi Telekomunikasi Skype;

• Sebuah Digital Anatomi Manusia Kurikulum Interaktif Oleh Case Western Reserve University Dan Cleveland Clinic;

•   Perangkat Lunak Teknik Arsitektur Oleh Trimble Navigation;

•  Sebuah Augmented-Reality First-Person Shooter Permainan Yang Diberi Nama Kode "Project X-Ray";

• Versi Dari Video Game Minecraft;

• Fungsi Untuk Aplikasi Pembuatan Autodesk Maya 3D;

Onsight dan Sidekick adalah proyek perangkat lunak yang dikembangkan sebagai bagian dari kolaborasi antara NASA dan Microsoft untuk mengeksplorasi aplikasi realitas campuran dalam eksplorasi ruang angkasa.

    Dikembangkan bekerja sama dengan NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), Onsight mengintegrasikan data dari rover Curiosity menjadi simulasi 3D dari lingkungan Mars, yang para ilmuwan di seluruh dunia dapat memvisualisasikan, berinteraksi dengan, dan berkolaborasi dalam bersama-sama menggunakan HoloLens perangkat. Onsight dapat digunakan dalam perencanaan misi, dengan pengguna dapat program kegiatan rover dengan melihat target dalam simulasi, dan menggunakan gerakan untuk menarik dan pilih menu commands.JPL berencana untuk menyebarkan onsight dalam operasi misi Curiosity, menggunakannya untuk mengontrol rover kegiatan dengan Juli 2015.

    Sidekick adalah alat bantu virtual untuk astronot dengan dua mode operasi. Terpencil Modus Ahli menggunakan fungsionalitas dari Holographic Skype aplikasi-suara dan video chat, real-time maya penjelasan-untuk memungkinkan operator tanah dan anggota ruang kru untuk berkolaborasi secara langsung atas apa astronot melihat, dengan operator tanah dapat melihat kru pandangan anggota ini dalam 3D, memberikan bimbingan interaktif, dan menarik penjelasan ke lingkungan anggota kru. Dalam Prosedur Mode, animasi ilustrasi virtual ditampilkan di atas benda yang anggota awak berinteraksi. Mode ini dapat digunakan untuk bimbingan dan instruksional tujuan dalam skenario mandiri. Sidekick sedang digunakan untuk digunakan pada Stasiun Luar Angkasa Internasional, dengan HoloLens hardware untuk dikirim dengan Cygnus CRS Orb-4 misi memasok komersial pada tanggal 3 Desember 2015.

Interface Microsoft HoloLens

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Interface Microsoft HoloLens
    Lingkungan operasi yang augmented reality untuk Windows Holographic lebih menyesuaikan berbagai elemen dari lingkungan desktop Windows. Tatapan teknik seperti pelacakan pelacakan memungkinkan pengguna untuk membawa aplikasi fokus terhadap apa pun penglihatan pengguna . Elemen dapat dipilih melalui "tekan udara" gerakan mirip dengan mengklik mouse imajiner, menggunakan jari telunjuk dengan tangan dalam "menunjuk" position. "tap" dapat dilakukan dengan melakukan "drag" isyarat . Untuk "rumah" perintah (melakukan fungsi yang mirip dengan menekan tombol Windows pada keyboard Windows atau tablet) dilakukan dengan membuka satu tangan dengan telapak menghadap up. Users dapat melakukan berbagai aksi melalui perintah suara, seperti menarik up Holographic sebuah Mulai menu untuk memulai program. Windows dapat diseret ke posisi tertentu, serta ukurannya. Elemen virtual seperti jendela atau menu dapat "ditempelkan" ke lokasi, struktur fisik atau objek di dalam lingkungan; atau dapat "dilakukan," atau tetap dalam kaitannya dengan pengguna, berikut pengguna saat mereka bergerak di sekitar. Dalam lingkungan Holographic, judul bar untuk jendela aplikasi memiliki tombol tutup di sebelah kanan, judul di sebelah kiri, dan tombol untuk fungsi-fungsi manajemen jendela seperti mengubah ukuran dan menjepit / membawa di tengah.
 

Berikut ini Video Pengenalan Microsoft Hololens di Acara Build 2015



--

 
       Nah seperti itulah Inovasi Teknologi Windows Terbaru dan Tercanggih 2016 : Microsoft HoloLens ( Kacamata Multiguna ) Dan Penjelasan Singkat Windows 10 ( Bonus! ) Mungkin bisa dijadikan referensi teman-teman untuk memahami secara lengkap Microsoft HoloLens dan penjelasan singkat tentang Windows 10. Apabila ada yang ditanyakan silahkan berkomentar di kotak komentar. Tunggu artikel tentang windows di Minggu depan, serta simak juga artikel lainnya di NguentenPon™


Sumber Literatur :
Wikipedia
Microsoft



Sumber Gambar :
mashable.com
winpoin.com



Kata Kunci : Teknologi Terbaru 2016


Admin :
Nama    : Rizki Indra Prasetyawan
Fb    : Rizki Indra Prasetyawan



Mau Copas?
    Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/11/inovasi-teknologi-windows-terbaru-dan-tercanggih-2016-microsoft-hololens-kacamata-mata-multiguna-dan-penjelasan-singkat-windows-10-bonus.html
Load disqus comments

0 komentar