Sunday, September 20, 2015

Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 3 : Sintesis Protein

https://nguentenpon.blogspot.co.id

Setelah tertunda beberapa Minggu, akhirnya rilis juga artikel baru di menu biologi. Pada sebelumnya saya telah memberikan artikel Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 2 : Struktur DNA , pada artikel kali ini saya akan melanjutkan materi biologi molekuler yaitu Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 2 : Sintesis Protein. Silahkan simak semoga bermanfaat.

--

     Proses sintesis protein terbagi atas transkripsi dan translasi. Seperti yang kita ketahui, DNA sebagai media untuk proses transkripsi suatu gen berada di kromosom dan terikat oleh protein histon. Saat menjelang proses transkripsi berjalan, biasanya didahului oleh sinyal dari luar terkait  kebutuhan suatu protein atau molekul lain untuk proses pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, dan fungsi lain di tingkat sel maupun jaringan. Proses berikutnya yaitu RNA polimerase II akan mendatangi daerah regulator elemen dari gen yang akan ditranskripsikan, kemudian RNA polimerase ini akan akan menempel (binding) di daerah promoter spesifik dari gen yang akan biosintesis proteinnya. Daerah promoter ini merupakan daerah sekuens konsensus (consesus sequences) pada urutan -10 dan -35 dari titik inisiasi (+1) yang mengandung urutan kotak-TATA (TATA-box) sebagai basa promoter. Setelah itu, polimerase ini akan membukan titik inisiasi (kodon ATG) dari gen tersebut dan menyalin semua informasi secara utuh, baik daerah ekson maupun Imron, dalam bentuk molekul messenger RNA (mRNA) yang belum matang. Molekul mRNA imatur ini diolah pada proses penyambungan (splicing) dengan menggunakan smallnuclear RNA (snRNA) kompleks yang akan memotong hanya daerah Imron saja, dan semua ekson akan disambungkan menjadi satu urutan gen utuh yang menyatukan urutan yang mengkode gen, tanpa area bukan-pengkode (non-coding), dan disebut sebagai mRNA matang.

     Pada tahap berikutnya mRNA ini diproses lebih lanjut lagi pada proses translasi di dalam ribosom dalam tiga tahapan pokok, yaitu: (1) inisiasi yang mengawali sintesis polipeptida dari kodon AUG yang ditranslasikan sebagai asam amino metionin. Proses ini berlangsung dengan bantuan faktor inisiasi (IF-1, IF-2, dan IF-3 ) dan enzim tRNA –metionin sintase ( pada bakteri diawali oleh formilmetionin),sehingga tRNA  dan asam amino metionin membentuk ikatan yang kuat (cognate) dan bergerak ke ribosom tempat sintesis protein berlangsung. Langkah selanjutnya adalah elongasi atau pemanjangan polipeptida sesuai dengan urutan kodon yang dibawa oleh mRNA.

     Pada proses elongasi ini, diperlukan kompleks faktor elongasi ( elongation factor complex). Seperti halnya proses inisiasi, enzim tRNA – asam amino sintetase berperan dalam pembentukan ikatan yang kuat (cognate) antara tRNA dan asam amino lainnya dari sitoplasma yang sesuai dengan urutan kodon mRNA tersebut. Proses elongasi akan berhenti sampai kodon terminal dan oli-adenil (poli-A), dan diakhiri sebagai proses terminal yang dilakukan oleh protein-rho. Polipeptida akan diproses sebagai molekul protein yang fungsional setelah melalui proses Post-translasi di retikulum endoplasma (RE) hingga tingkat jaringan.     

--


    Bagaimana teman2, bingung? hha namanya juga belajar. Seperti itulah Artikel “Kromosom,Sel,dan DNA Bagian 3 : Sintesis Protein”. Dari penjelasan diatas mungkin teman-teman sudah sedikit mengerti tentang biologi molekuler. Apabila ada yang ingin ditanyakan, monggo tulis di kotak komentar. Untuk menambah referensi teman-teman dalam bidang biologi khususnya dalam biologi molekular, simak artikel lainnya di NguentenPon™.

 

Penulis : Prof.Fatchiyah dan Prof.Estri Laras Arumingtyas
Sumber : Biologi Molekular Prinsip Dasar Analisis

Sumber Gambar : pintarbiologi.com


Admin :
Penulis : Rizki Indra Prasetyawan
Fb : Rizki Indra Prasetyawan


Kata Kunci : Sintesis Protein


Mau Copas?
     Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/09/kromosomgendan-dna-bagian-3-sintesis-protein.html
Load disqus comments

0 komentar