Tuesday, January 05, 2016

Biografi Ian Murdock : Penemu Dan Pencipta Debian Linux Dan CTO Linux Foundation + Penjelasan Singkat Mengenai Debian Linux ( Bonus )

https://nguentenpon.blogspot.co.id






















Setelah kemarin saya berbagi ebook gratis, sekarang saya membagikan kabar duka untuk teman-teman semua. Salah satu tokoh dunia paling berpengaruh di dunia dengan penemuannya berupa system operasi linux yaitu Ian Murdock telah meninggal dunia pada usia muda yaitu 42 tahun. Berita ini sangat mengagetkan semua pecinta teknologi khususnya pengguna linux. Berikut ini biografi lengkap ian Murdock semoga bisa diteladani dan menginspirasi teman-teman.



Subtopik Artikel :


1. Profil Singkat

2. Pendidikan

3. Pekerjaan

4. Prestasi

5. Kabar Duka



--



https://nguentenpon.blogspot.co.id


     GNU/Linux Debian diciptakan oleh Ian Murdock pada tanggal 16 Agustus 1993. Ian Murdock lahir pada tanggal 28 April 1973 di kota Konstanz, Jerman. Ian Murdock adalah seorang pendiri distro Linux Debian dan Sistem Linux Progeny (sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan berdasarkan distribusi komersial suatu sistem operasi yang dibangun di atas kernel Linux dan didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas, seperti GNU General Public License (GPL), CMIIW.

     Pada tahun 1993 Ian Murdock menulis ketetapan Debian ketika ia sedang kuliah di Universitas Purdue dan lulus dengan menerima gelar sarjana ilmu komputer pada tahun 1996. Dengan kelulusannya tersebut, membawa niatnya untuk merilis versi stabil dari system operasi linux bersama kelompok proyek debiannya di tahun yang sama, yakni tahun 1996. Kenapa ia memberikan nama Debian pada distro Linuxnya? Karena Debian diambil dari kata Deb dan Ian, di mana Deb potongan kata dari nama pacarnya, yaitu Debra dan Ian diambil dari namanya sendiri, yaitu Ian Murdock. Mereka pernah menikah lalu bercerai pada tahun 1997.

    Sekarang Ian Murdock sudah bergabung dengan perusahaan Sun Microsystem, dia memimpin proyek Indiana, membuat distro OpenSolaris yang full dengan GNOME dan tool-tool GNU serta ditambah dengan jaringan berbasis paket sistem manajemen. Kemudian ia pindah posisi menjadi Wakil Emerging Platforms di Sun.

     Golub juga mengungkapkan bahwa Murdock berperan penting dalam proyek perangkat lunak, dimana ia berlaku sebagai perintis gagasannya untuk merangkul seluruh desain dan kontribuka yang benar-benar terbuka.


https://nguentenpon.blogspot.co.id

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Universitas Purdue

      kuliah di Universitas Purdue dan lulus dengan menerima gelar sarjana ilmu komputer pada tahun 1996.



https://nguentenpon.blogspot.co.id


1.  CTO di linux foundation,
2.  Pemimpin senior di sun microsysems, dan terakhir sebagai
3.  Wakil presiden platform perusahaan ExactTarget di Indianapolis. 

      Dimana keleluruhan jabatannya tersebut berlangsung selama satu decade terakhir ini. Pada tahun 1993.


https://nguentenpon.blogspot.co.id

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Logo Sistem Operasi

      Ian Murdock  Menciptakan system operasi baru bernama Debian. Debian  (/iconˈdɛbiən/) adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

        Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.

       Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.


https://nguentenpon.blogspot.co.id


     Meninggalnya Ian Murdock secara mendadak, membuat kaget khlayak umum, terlebih lagi untuk kedua anak perempuannya. Kabar duka sedang menghantui para pegiat perangkat lunak linux. Pasalnya, Ian Murdock, pendiri system operasi debian linux dikabarkan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada senin (28/12/2015) kemarin. Berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat, Murdock meninggal di usianya yang masih 42 tahun.

    Sebelum dikabarkan meninggal  Murdock sempat memposting sebuah post melalui akun twitternya, yang menyebutkan bahwa dirinya telah ditangkap polisi di dekat rumahnya dengan tuduhan penyerangan terhadap seorang perwira. Dalam situasi tersebut. Murdock sempat mengancam bahwa dirinya akan melakukan tindakan bunuh diri.

    Namun setelah ada seseorang yang memeberikan uluran tangan kepadanya, Murdock bersumpah untuk membuat namanya tidak tercoreng lagi, dan berusaha bersikap tenang. Namun apalah daya karena teryata Murdock menghembuskan nadas terakhirnya malan itu. Akun twitternya yang berisi berbagai kicauannya juga telah dinonaktfikan. Hingga kini belum diketahui sebab kematian dari pendiri debian linux tersebut.


--


     Nah seperti itulah biografi seorang tokoh dunia yang sangat berpengaruh dalam bidang teknologi yaitu Ian Murdock. Semoga beliau tenang di alam sana dan kita harus berterima kasih terhadap beliau karena atas jasa dan penemuan beliau kita mengenal linux yang sampai sekarang ini mungkin masih kita pakai dan berguna untuk kita dan pembelajaran di sekolah. Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan memotivasi teman-teman dan jangan lupa tinggalkan komentar. Teman-teman juga bisa membaca biografi tokoh-tokoh dunia di menu tokoh dunia atau bisa membaca artikel lainnya di NguentenPon™.

    Teman-teman juga bisa mengunjungi situs yang saya rekomendasikan khususnya untuk pecinta anime yaitu fuyukai.com


Sumber :
http://portal-infokom.blogspot.co.id
http://tokohpenemu.blogspot.com
Wikipedia


Sumber Gambar :
http://www.revista.espiritolivre.org

news.softpedia.com


Admin :
Nama : Rizki Indra Prasetyawan
Facebook : Risky Indra Prastyawan


Kata Kunci : Biografi Ian Murdock


Mau Copas?
     Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.  

https://nguentenpon.blogspot.com/2016/01/biografi-ian-murdock-penemu-dan-pencipta-debian-linux-dan-cto-linux-foundation-penjelasan-singkat-mengenai-debian-linux-bonus.html
Load disqus comments

0 komentar